DPU BREBES TERAPKAN LAYANAN PERIZINAN ONLINE

img
Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes kali ini menerapkan pelayanan secara online bagi pemohon Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Setifikat Layak Fungsi (SLF), dengan tujuan dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap publik.
"Forum Konsultasi Publik ini sebuah regulasi, sebagai wadah kami memberikan edukasi dan informasi ke masyarakat, di antaranya menyangkut pelayanan. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui SOP pelayanan sesuai aturan. Di kami ada tiga pelayanan dan perizinan, yakni PBG, SLF dan alat berat," ungkap Sutaryono usai kegiatan didampingi Kabid Cipta Karya Dani Asmoro (14/6).
Dijelaskannya, saat ini permohonan PBG dan SLF telah menerapkan sistem online melalui situs https://simbg.go.id. Hal itu, dikandung maksud untuk mengoptimalisasi pelayanan perizinan dan mempermudah masyarakat.
Kepala Bidang Cipta Karya Dani Asmoro mengungkapkan Pelayanan online ini selain untuk mempermudah, juga untuk mempercepat layanan yang kami berikan. Kami tegaskan, dalam pelayanan ini bebas dari biaya-biaya di luar sesuai ketentuan resmi, karena semuanya diatur resmi melalui Perda Restribusi. Nah, melalui forum ini kami sampaikan informasi-informasi tersebut.
Sementara  pelayanan penyewaan alat berat masih offline dengan SOP yang sudah jelas dan pembiayaannya diatur dalam Perda Retribusi. Dalam layanan alat berat itu, masyarakat baik perorangan, organisasi maupun penyedia jasa bisa menyewa.
Ketentuannya, mereka harus mengajukan permohonan ke DPU Brebes. Keberadaan alat berat tersebut, selain berfungsi sebagai pelayanan untuk mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga sebagai peralatan penunjang kinerja DPU.
"Dan untuk saat ini ada 23 unit alat berat yang terbagi dalam empat jenis. Alat berat paling terbaru buatan tahun 2015, dan terlama tahun 1981. Melihat kondisi ini, memang dibutuhkan peremajaan alat berat, untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat," Sekretaris Dinas Abdul Majid


DPU 12

Belum ada komentar