SIJAGA BANJIR BREBES, Trobosan Terbaru Dinas Kabupaten Brebes

img

DPU - Dinas pekerjaan Umum Kabupaten Brebes secara resmi telah membentuk jejaring kerja " SIJAGA BANJIR BREBES". Selasa, 12 April 2022. Sijaga banjir brebes adalah suatu trobosan dalam penanganan brebes bebas banjir dan genangan dengan merangkul elemen pentaholic ( Unsur Pemerintah, unsur Masyarakat, unsur Akademisi, unsur Pengusaha, unsur Masyarakat dan unsur Media). Kepala DPU Brebes mengungkapkan persoalan drainase belum tertangani secara optimal. Disatu sisi, Pemkab Brebes telah berupaya maksimal dalam mengalokasikan anggran untuk pembangunan drainase tersebut. 

Hal itu yang menjadi dasar dibentuknya Sijaga Banjir Brebes. Dimana, wilayah drainase perkotaan di Brebes itu meliputi lima kecamatan, yakni Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari dan Ketanggungan. Namun sebagai langkah awal difokuskan untuk penanganan di wilayah Kecamatan Brebes. "Untuk itu, melalui SIJAGA Banjir Brebes kami ingin merangkul semua elemen masyarakat agar peduli terhadap permasalahan drainase agar banjir dapat teratasi" ungkap Sutaryono Kepala DPU Brebes.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Jaga Kali (Masjaka) Brebes, Mahfudin menjelaskan pihaknya mengapresiasi DPU Brebes yang merangkul masyarakat agar peduli menjaga lingkungannya sehingga bebas dari banjir. Apalagi masalah drainase dan banjir itu sangat kompleks, sehingga dibutuhkan ketrampilan berkomunikasi dengan seluruh stakeholder.

“Persoalan banjir imerupakan masalah bersama, bukan hanya sebatas pemerintah saja, tetapi juga masyarakat. Sehingga, butuh keterlibatan masyarakat untuk sama-sama mengatasi dan memberikan pemahaman agar tidak terjadi banjir”.

Cipta Karya 12

Belum ada komentar