DPU Brebes Mengalokasikan Dana Rp 3 Miliar Untuk Jalan Siwuluh-Bangsri

img

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan dengan pembangunan ruas Jalan Siwuluh-Bangsri Kecamatan Bulakamba. 

Perbaikan ruas jalan kabupaten yang selama ini dikeluhkan warga karena kondisinya rusak tersebut akan menelan anggaran Rp3 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Ruas Jalan Siwuluh-Bangsri Abdul Majid mengatakan, saat ini sedang persiapan kontrak untuk pelaksanaan pembangunan jalan tersebut. Untuk proses lelang sudah selesai, sehingga tinggal pelaksanaan pembangunan jalan yang selama ini banyak dikeluhkan warga. 

"Dalam waktu dekat ini akan segera dikerjakan. Saat ini sudah masuk tahap kontrak," terangnya.

Diketahui, warga dari dua desa di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes terus mengeluhkan kondisi jalan poros penghubung Desa Bangsri dan Desa Siwuluh. Kondisi jalan itu sudah mengalami kerusakan yang cukup lama.

Warga Desa Bangsri Sarmun mengatakan, jalan poros itu merupakan jalan alternatif penghubung dua desa yang menjadi andalan para petani. Pasalnya, jalan tersebut melintasi sawah, di mana petani memanfaatkan jalan itu untuk mengangkut hasil panennya.

"Warga di sini kalau mau ke bank, pasar, atau urusan lainnya lebih memilih ke desa tetangga, yaitu Desa Siwuluh. Kalau ke pasar di desa sendiri malah lebih jauh. Dukuh Sander ini memang pedukuhan yang letaknya cukup jauh dari desa," katanya.

Disebutkannya, warga Dukuh Sander juga lebih memilih untuk melakukan pengobatan di Desa Siwuluh yang memiliki puskesmas. Menurutnya, untuk menuju ke puskesmas di tetangga desa itu jaraknya tidak terlalu jauh, meskipun mereka harus melintasi jalan yang rusak cukup parah. Sebab, jalan desa menuju pusat pemerintahan juga rusak parah. 

"Jalan dari Dukuh Sander sampai ke Kantor Desa Bangsri itu jaraknya kurang lebih 3,5 kilometer dan rusak cukup parah. Sudah ada perbaikan jalan dari Dana Desa sekitar 400 meter, tapi sudah mulai rusak lagi," ucapnya.

Warga lain, Imam Subkhan mengungkapkan, jarak dari Dukuh Sander Desa Bangsri menuju Desa Siwuluh sekitar 2,3 kilometer. Jarak itu lebih dekat menuju tetangga desa yang memiliki fasilitas kesehatan masyarakat lebih lengkap. Sehingga, warga lebih memilih untuk bepergian ke pasar maupun lainnya di desa tetangga daripada di desanya sendiri. 

"Lebih dekat ke Desa Siwuluh daripada ke pusat pemerintahan desa sendiri. Warga di sini juga sering berobatnya Puskesmas Siwuluh karena lebih dekat daripada ke Puskesmas Bulakamba," pungkasnya. 
Bina Marga 12

Belum ada komentar