Tangani Infrastruktur, Pemkab Brebes Butuh Anggaran Rp 1 Triliun

img

BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes membutuhkan dana hingga Rp 1 triliun untuk memenuhi kebutuhan anggaran infrastruktur. Jumlah sebesar itu, diperuntukan bagi peningkatan jalan, jembatan, sarana penyediaan air bersih hingga drainase.

“Ya memang kita sudah melakukan perencanaan kebutuhanya untuk infrastruktur hampir Rp Triliun,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Ahmad Syatibi mengatakan, Rabu 11 September 2019.

Terkait infrastruktur jalan, lanjut dia, kondisi kerusakan jalan kategori berat mencapai 71 KM dari jumlah total panjang jalan kabupaten mencapai 710 KM. “Insya Allah tahun 2020 mendatang kerusakan jalan itu akan kita lakukan perbaikan jalan,” kata dia.

Sedangkan panjang jalan sekitar 497,13 KM saat ini dalam kondisi baik. Kemudian, sekitar 20 persennya atau sepanjang 142,15 KM dalam kondisi sedang. “Memang untuk kerusakan jalan yang ada menyebar atau spot-spot,” katanya.

Syatibi membeberkan, jika kondisi jalan yang masih rusak tersebar di wilayah Brebes bagian selatan dan tengah. Di antaranya, jalan poros tengah Desa Jemasih, Kemacatan Larangan.

Pada tahun 2019, DPU mendapatkan alokasi untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp 240 miliar. Peruntukanya yakni, untuk menangani kerusakan jalan, jembatan dan drainas.

Dari total anggaran tersebut, sebesar Rp 40 miliar bersumber dari alokasi dana bantuan gubernur (bangub), Rp 17 miliar dari Alokasi Dana Khusus (DAK) pusat. Sedangkan sisanya berasal dari APBD kabupaten.

Dia menambahkan, sesuai rencana kebutuhan pembangunan infrastruktur tahun 2019, totalnya mencapai hampir Rp 1 triliun. Sedangkan yang terealisasi hanya Rp 240 miliar.

Di sisi lain, Pemkab Brebes berencana akan membangun gedung pemerintahan terpadu yang baru dengan kebutuhan mencapai Rp 80 milliar pada tahun 2020 mendatang. Gedung itu, dibangun di lahan milik Pemkab seluas 5,7 hektare (ha) yang berada di Kelurahan Pagejugan, Kecamatan Brebes.

Selain rencana pembangunan perkantoran terpadu, Pemkab Brebes juga akan membangun RSUD Ketanggungan dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp 60 milliar. (*)

 Reporter: Fajar Eko Nugroho 

panturapost.com

Bina Marga 12

Belum ada komentar