Forum konsultasi publik RKPD

img

BREBES - Bupati Brebes Idza Priyanti menyatakan, fokus utama Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Brebes tahun 2020 terkait kualitas pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan.
"Memang hal itu masih menjadi target utama yang perlu didorong penanganannya melalui program - program serupa yang telah dilaksanakan pada tahun berjalan," ucap Idza Priyanti, usai kegiatan forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Brebes tahun 2020 di Aula Baperlitbangda, Kamis 28 Februari 2019.


Ia menambahkan, RKPD Kabupaten Brebes tahun 2020 merupakan dokumen perencanaan satu tahunan yang memuat evaluasi hasil pelaksanaan RKPD tahun sebelumnya. Dan capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan, rancangan kerangka ekonomi dan kebijakan keuangan daerah, prioritas pembangunan daerah.


Selain itu, kata dia, rencana program dan kegiatan daerah, kebijakan publik dan arah kebijakan pembangunan daerah selama setahun, yang diharapkan dapat menciptkan kepastian kebijakan.
"Kegiatan forum konsultasi publik hari ini untuk membahas nilai dan menyerap gagasan dari semua OPD dan pihak lain terkait isu isu strategis yang akan menjadi program prioritas/kegiatan pembangunan Kabupaten Brebes tahun 2020 mendatang," jelasnya.


Bupati Idza pun juga menginstruksikan seluruh kepala OPD untuk secepatnya menyusun program kerja skala prioritas yang akan dilaksanakan di tahun 2020 mendatang.
Sementara itu, Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes Angkatno menyampaikan tema pembangunan tahun 2020 adalah penguatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia menuju SDM yang berdaya saing dan mendorong pengembangan Economy Digital.


Sedangkan prioritas pembangunan di tahun 2020 adalah perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan, serta pengembangan pendidikan karakter dan vokasi. Kemudian peningkatan pemerataan akses dan pelayanan kesehatan terutama prasarana dan sarana kesehatan, perkuatan ekonomi daerah berbasis ekonomi kerakyatan dengan mengembangkan digital economy.


Serta perkuatan kualitas dan kapasitas tenaga kerja, pemantapan infrastruktur wilayah dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, peningkatan perlindungan sosial, kesetaraan dan keadilan gender serta perlindungan dan pemenuhan hak anak.
"Yang terakhir peningkatan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih hingga tingkat desa serta terciptanya kondusivitas daerah," pungkasnya. (*)


Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul RKPD Brebes Tahun 2020 Masih Fokus Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi
Randal 12

Belum ada komentar